Yuk, Kenali Istilah - Istilah Dasar dalam Fotografi

06 April 2020

Hobby

By: Anastasia Sabrina (PU-X)

    Di era abad 21 ini, seni fotografi digemari oleh sebagian besar masyarakat khususnya generasi millennial. Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan kontribusi dalam dunia fotografi. Yang dulunya hanya dapat dioperasikan oleh beberapa kalangan dengan bidang tertentu kini dapat dioperasikan dan diakses oleh semua kalangan dengan adanya kamera digital ataupun smartphone. Kemunculan media social juga turut serta mempermudah masyarakat mengekspresikan atau menunjukkan karya foto yang di jepret. Seperti contohnya Instagram yang kini digemari sebagian besar generasi millennial. Kini seni fotografi telah menjadi hobi, menjadi profesi, ataupun menjadi keperluan bisnis diberbagai kalangan. Namun perlu diketahui dalam dunia fotografi ini, terdapat banyak istilah – istilah dasar penting yang wajib diketahui loh untuk menjadi fotografer. Mari simak beberapa istilah fotografi yang sering digunakkan:

1. Auto Focus

Auto Focus digunakkan agar dapat mengetahui titik fokus otomotis dimana kamera akan membidik langsung pada objek yang dibidik.

2. Exposure (pencahayaan)

Exposure merupakan banyak sedikitnya jumlah total unit paparan cahaya yang diterima oleh sensor digital. Kontrol exposure dipengaruhi oleh pengaturan aperture, shutter speed, dan ISO.

3. Aperture (Lubang Lensa)

Aperture adalah dalam lubang bukaan diafragma pada lubang kamera untuk mengontrol jumlah cahaya yang masuk dalam lensa. Aperture biasanya digunakkan untuk mengatur kedalaman ruang foto.

4. Shutter Speed

Shutter Speed digunakkan untuk mengatur kecepatan penerimaan cahaya pada kamera. Shutter Speed ini diukur dalam satuan detik. Kecepatan Shutter Speed akan memberikan pengaruh pada gambar yang dihasilkan.

5. ISO 

ISO adalah kemampuan kamera dalam menangkap cahaya. ISO dapat memberikan efek noise pada gambar yang ditangkap. Noise merupakan titik titik warna yang membuat foto terlihat tidak halus.

6. Depth of Field

Depth of Field merupakan zona ketajaman rentang jarak titik fokus yang dimiliki objek foto.

7. White Balance

White Balance digunakkan untuk menghilangkan warna tidak real (colour cast) sehingga objek berwarna putih tetap akan terlihat putih pada foto. Kemampuan kamera dalam menangkap rangsangan cahaya yang masuk tidak secanggih kemampuan mata manusia. Pengaturan White Balance sangat diperlukan agar kamera dapat menyesuaikan diri dengan kondisi cahaya yang ada.

8. Bokeh (Blur)

Bokeh biasanya sering digunakkan pada tipe foto portrait. Bokeh memberikan efek blur di bagian tertentu diluar fokus gambar yang kita inginkan.

9. Flash

Flash digunakkan untuk memberikan cahaya pada objek foto yang pencahayaan kurang baik.

10. Lens

Lens terdiri dari berbagai cermin yang digunakkan untuk mengubah sisi bayangan menjadi terbalik, diperkecil, ataupun nyata.

11. Post Processing

Post Processing adalah suatu kegiatan mengedit foto yang telah diambil. Dalam era digital ini banyak aplikasi pengeditan foto yang dapat memperbaiki hasil jepretan foto.

12. Medium Shot

Medium Shot adalah pengambilan foto dari ujung rambut hingga pinggang.

13. Close up

Close up adalah pengambilan foto dari ujung rambut hingga bahu. Sekian pemaparan beberapa istilah dasar penting fotografi yang sering digunakkan.

Semoga bermanfaat untuk menambah ilmu seni fotografi!