Good Food = Good Mood

06 Mei 2020

Health

Oleh: Fendy Kurniawan (PU-X)

Pandemi COVID-19 yang hingga saat ini telah menjangkiti lebih dari 720.000 orang di 199 negara menyebabkan munculnya berbagai peraturan dan himbauan guna menekan penyebaran COVID-19, mulai dari Stay at Home, Work from Home, Self-quarantine, atau bahkan Lockdown. Hal ini tentunya menyebabkan perubahan drastis pada rutinitas kehidupan sebagian besar orang karena sepanjang hari harus beraktivitas di dalam rumah dan membatasi diri untuk bepergian, efek sederhana yang kita rasakan adalah perubahan pola makan dan istirahat, tak jarang hal ini mempengaruhi tingkat stres, sehingga berdampak pada kesehatan fisik dan mental kita.

Namun, tahukah Anda bahwa selain mengonsumsi Vitamin dan Suplemen, terdapat beberapa jenis makanan yang mampu membantu pengendalian stres, berikut adalah daftarnya:

1. Teh Herbal

Teh Herbal diyakini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti detoksifikasi, mengurangi masalah pencernaan, dan membantu proses diet. Disamping itu, Teh Herbal dapat menjaga tubuh agar tetap rileks dan menenangkan pikiran. Salah satu Teh Herbal yang menjadi favorit banyak orang adalah Teh Kamomil (Charmomile), jenis teh ini dipercaya mampu meredakan kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.


2. Cokelat Hitam (Dark Chocolate)

Cokelat terkenal sebagai makanan yang ampuh mengurangi hormon stres karena mengandung zat Teobromina dan Phenethylamine, kedua zat tersebut mempunyai peran dalam mengatur perasaan senang pada seseorang, sehingga tubuh akan meningkatkan serotonin alias hormon kebahagiaan dan menurunkan hormon kortisol (hormon yang berkaitan dengan respons tubuh terhadap stres).


3. Ikan

Mengonsumsi Ikan baik untuk kesehatan jantung karena kandungan asam lemak Omega-3 didalamnya. Asam lemak Omega-3 juga memainkan peran penting dalam menurunkan tingkat stres dan depresi. Jenis Ikan yang direkomendasikan adalah Salmon, Tuna, Sarden, dan Halibut.


4. Alpukat

Sama seperti Ikan, buah yang satu ini kaya akan kandungan asam lemak Omega-3 yang bisa menurunkan kadar stres dan menimalisir risiko penyakit jantung, serta meningkatkan konsentrasi dan mood. Disamping itu, Alpukat juga mengandung Fitokimia (zat yang berfungsi melawan radikal bebas) dan kandungan serat yang baik bagi pencernaan. Biasanya Alpukat dicampur dengan Salad Sayuran, namun dapat juga dijadikan jus atau smoothie.


5. Susu Sapi Hangat

Segelas Susu Sapi Hangat sebelum tidur adalah pilihan terbaik demi tidur yang nyenyak. Selain dikenal bagus untuk kesehatan tulang, kandungan Kalsium dalam Susu dapat menghasilkan efek relaksasi bagi otot dan menstabilkan suasana hati. Menambahkan air rebusan Jahe dalam segelas Susu dapat menjadi alternatif sempurna bagi Anda sebelum terlelap, terutama saat musim hujan.


6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung asam lemak Vitamin B dan Magnesium yang tinggi. Asam lemak Vitamin B dapat menurunkan tekanan darah, sedangkan Magnesium merupakan mineral yang berfungsi menjaga fungsi otak, memperbaiki mood dan meningkatkan kualitas tidur. Dikatakan bahwa orang yang dalam tubuhnya kekurangan Magnesium berisiko 22% lebih tinggi mengalami depresi. Terkadang Magnesium dianggap mempunyai efek yang mirip dengan obat antidepresan. Jenis kacang yang baik rutin dikonsumsi adalah Almond, Pistacio, dan Kenari.


7. Buah Sitrus

Selain untuk meningkatan imun, anti-inflamasi dan anti-oksidan, kandungan Vitamin C dalam buah Sitrus dipercaya dapat mengurangi stres dan rasa cemas. Selain itu, buah Sitrus juga baik untuk kesehatan jantung, otak, menurunkan risiko batu ginjal dan melawan kanker. Buah Sitrus yang sering kita temui sehari-hari adalah Jeruk Mandarin, Jeruk Bali, Jeruk Purut, dan Lemon.


8. Makanan Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan tubuh, terutama organ pencernaan. Dokter dan ahli nutrisi kerap menyarakan agar mengonsumsi makanan yang mengandung Probiotik untuk mengobati infeksi bakteri. Sejumlah penelitian mengungkapkan terdapat korelasi langsung antara kesehatan usus dan suasana hati, yakni usus orang yang mengalami depresi biasanya terdapat kekurangan beberapa spesies bakteri. Makanan Probiotik yang dapat menjadi pilihan Anda dan mudah didapatkan, diantaranya, Tempe, Yogurt, Kimchi, Roti Sourdough, dan Keju (Mozzarella dan Cheddar).