By: Anastasia Sabrina (PU-X)
Marketing merupakan salah satu bagian yang penting dalam suatu perusahaan. Pasalnya, marketing memiliki pengaruh dampak yang besar dalam kelangsungan bisnis. Marketing merupakan suatu teknik memasarkan dan mengenalkan produk pada masyarakat dan menyusun strategi agar barang atau jasa yang ditawarkan menarik banyak konsumen sehingga dapat memberikan keuntungan pada perusahaan. Dapat dibilang marketing adalah “Ujung Tombak” perusahaan. Jika penjualan produk suatu perusahaan mengalami penurunan, akan berdampak pada operasional perusahaan. Terkadang dapat berakhir pada kebangkrutan suatu perusahaan jika tidak penjualan suatu produk mengalami penurunan terus menerus dan tanpa adanya perbaikan atau pembentukan suatu strategi marketing yang lebih baik.
Di era serba digital ini, Segala sesuatu menjadi serba cepat, praktis, mudah, dan instan. Perkembangan teknologi yang semakin cepat diikuti dunia semakin terkoneksi membuat berbagai pelaku bisnis menshifting strategi marketingnya untuk lebih cenderung mengacu pada digital marketing. Digital marketing adalah suatu teknik pemasaran secara online di berbagai media seperti website, sosmed (Instagram, Facebook Line), dsb, blog, dan berbagai bentuk lainnya. Melihat peluang banyaknya masyarakat menghabiskan waktunya untuk streaming internet, sangat diperlukan untuk membentuk strategi digital marketing yang matang agar perusahaan dapat berkomunikasi dengan calon konsumen. Sosial media merupakan media utama yang biasanya digunakkan oleh masyarakat. Menurut data dari We Are Social dan Hootsuite yakni perusahaan media asal Inggris, pengguna media social masyarakat Indonesia mecapai 56% dari populasi dunia. Rata -rata masyarakat Indonesia menghabiskan 3 jam 23 menit untuk mengakses media social per harinya (Kompas, 2018).
Saat ini semakin banyak perusahaan yang terus mengembangkan strategi digital marketingnya. Bahkan tidak jarang perusahaan ingin menambah budget dalam digital marketing ini. Menurut data dari bisnisbisnis.id, sekitar 93% perusahaan merencanakan untuk menambah pengeluaran mereka pada strategi pemasaran digital pada tahun 2018 (bisnisbisnis.id, 2018). Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan menganggap Peluang akan melakukan pemasaran lewat media social ini penting. Ada beberapa faktor yang membuat perusahaan menganggap pentingnya peluang digital marketing ini.
Faktor yang pertama adalah digital marketing ini memberikan kesempatan pada pembisnis skala kecil hingga menengah untuk dapat bersaing. Pembisnis skala ini biasanya tidak memiliki banyak resource, sehingga channel marketing dengan digital marketing sangat menghemat biaya. Faktor yang kedua adalah menfasilitasi interaksi dengan target audience, digital marketing menfasilitasi interaksi dengan calon pelanggan. Hal ini akan mempermudah pembisnis untuk memaparkan fitur produk secara detail serta mempermudah menerima masukan dari pelanggan secara lebih efisien. Selain itu dengan adanya fitur testimony dalam media social akan meningkatkan kepercayaan masyarakat akan produk yang perusahaan tawarkan. Tentunya hal ini juga akan membantu meningkatkan reputasi brand produk. Faktor yang terakhir adalah fleksibiltas. Salah satu platform digital marketing yakni media social dapat diakses kapanpun diberbagai tempat bahkan menjangkau belahan dunia tanpa batas. Didukung dengan media jual beli online, mempermudah adanya transaksi yang biasanya terbatas dalam metode penjualan konvensional yakni interaksi langsung antara pembeli dan penjual barang.
Dapat disimpulkan bahwa digital marketing khususnya dalam hal ini platform media social sangat membantu pembisnis dalam mempermudah kegiatan pemasarannya sehingga menjadi lebih efisien, fleksibel, dan memberikan ruang bagi pembisnis skala kecil hingga menengah untuk dapat bersaing. Maka dari itu sangat diperlukan pembelajaran terkait digital marketing secara intensif khususnya pada calon pembisnis ataupun calon karyawan yang ingin menjadi marketers.