Time Management Matrix

04 Maret 2020

Psychology

Time management merupakan sebuah skill yang dibutuhkan oleh siapa saja tidak terlepas dari berbagai unsur demografi seseorang. Apakah laki - laki atau perempuan, apakah dosen atau mahasiswa, dan lain lainnya.

Pada kenyataannya hal yang terlihat sepele ini menjadi tidak sepele ketika muncul simptom deg-degan, panik, berkeringat dingin, cemas dan muncul perasaan seperti tercekik waktu yang pendek dengan daftar tugas yang demikian panjang. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat daftar tugas yang dikelompokkan pada Time Management Matrix. 

Matriks pertama adalah hal yang bersifat penting dan mendesak. Biasanya area ini merupakan area yang paling sering membuat kita merasa stres dan dikejar-kejar waktu. Keberhasilan kita menyelesaikan tugas-tugas di area ini akan membuat kita berhasil melewati krisis dalam manajemen waktu. 

Matriks kedua adalah hal yang bersifat penting namun tidak mendesak. Area ini akan menjadi titik optimal kita karena melibatkan proses perencanaan, memungkinkan adanya pencegahan dan mengakomodasi terjadinya peningkatan maupun pengembangan diri. 

Matriks ketiga adalah hal yang bersifat tidak penting namun mendesak. Area ini sangat mungkin terjadi ketika muncul interupsi maupun distraksi yang berkaitan dengan sesuatu yang memang harus dipenuhi saat itu juga. Meskipun tidak penting untuk kita, seringkali area ini harus kita lakukan karena penting bagi orang lain.

Matriks keempat adalah hal yang bersifat tidak penting dan tidak mendesak. Area ini menjadi area yang perlu diminimalisir karena kalau sebagian besar daftar tugas kita berada di area ini, maka sebenarnya kita lebih banyak melakukan hal-hal yang menghabiskan waktu. 

All time management begins with PLANNING (Tom Greening)