External Benchmarking LPMI UAP ke BPM PPM School of Management

19 Januari 2024

News

Dalam rangka peningkatan system penjaminan mutu pendidikan tinggi di Universitas Agung Podomoro (UAP), Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) Universitas Agung Podomoro (UAP) melakukan kunjungan external benchmarking ke Badan Penjaminan Mutu (BPM), Sekolah Tinggi Manajemen PPM di Menteng, Jakarta Pusat pada tanggal 18 Januari 2024. Kegiatan eksternal benchmarking (studi banding) ini diikuti oleh seluruh tim LPMI UAP dan Wakil Rektor Akademik UAP, yang terdiri atas Sani Heryanto, ST., M.Sc (Ketua LPMI), Ferdinand Fassa, S.T., MT (Ka. Pusat Monitoring dan Evaluasi), Novianah, S.IKom (Ka. Pusat Pemberdayaan Data), Ibu Dr. Santi Palupi Arianti (Warek Bidang Akademik), dan Bapak Deni Ardi, SH., MH (Dosen Tetap BLP). 

Pada kunjungan ini, Tim LPMI UAP diterima dengan hangat oleh Kepala BPM PPM School, Ibu Bernadet Krisma Suryani bersama tim. Pada kesempatan ini, Tim LPMI UAP juga bertemu langsung dengan  Ketua STM PPM, Bapak AC. Mahendra K Datu, Ph. D.

Kegiatan external benchmarking ini diawali dengan perkenalan personil dari masing-masing tim penjaminan mutu yang dilanjutkan dengan presentasi materi implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (spmi) di BPM ST PPM yang diselingi tanya jawab dan diskusi. Materi presentasi SPMI ST PPM meliputi sebagai berikut:

  1. Profil dan STO pada STM PPM;
  2. Pengenalan SPMI di STM PPM;
  3. Tujuan SPMI ST PPM;
  4. Siklus SPMI - PPEPP;
  5. Implementasi SPMI: Penetapan Standar,
  6. Implementasi SPMI: Pelaksanaan Standar Dikti, SOP, Formulir Mutu,
  7. Implementasi SPMI: Evaluasi Pelaksanaan Standar: Umpan balik, Sistem Pelaporan Kinerja, Audit Mutu Internal (AMI),Hasil laporan AMI;
  8. Implementasi SPMI: Pengendalian Pelaksanaan Standar, dan
  9. Implementasi SPMI: Peningktan Standar

Melanjutkan presentasi yang disampaikan oleh tim STM PPM, tim LPMI UAP juga menyampaikan materi presentasi implementasi spmi di UAP (materi terlampir) yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab terutama terkait penyusunan standar PT yang mengacu kepada Permendikbud Ristek No. 53 tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu.

Banyak pengetahuan dan pengalaman bermanfaat yang diperoleh dari Tim BPM STM PPM pada kegiatan external benchmarking ini selain telah terbentuknya networking. Pada kesempatan ini juga disepakati bersama antara LPMI UAP dan BPM STM PPM untuk terus melakukan komunikasi dalam rangka meningkatkan penjaminan mutu di masing-masing institusi, baik melalui diskusi terkait penjaminan mutu maupun kerjasama penjaminan mutu di antara kedua institusi di masa mendatang. Segenap Tim LPMI UAP menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BPM ST PPM atas sambutan, sharing pengalaman dan praktik baik penjaminan mutu yang diimplementasikan  oleh BPM STM PPM seperti yang disampaikan Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) STM PPM bersama Tim.

Salam Mutu.