Podomoro University Perkenalkan Hidangan Perancis di “Pekan Gastronomi Perancis” bersama Kolaborasi IFI dan Kedutaan

01 November 2023

Event

akarta, 24 Oktober 2023 - Podomoro University, bekerjasama dengan Institut Français d'Indonésie (IFI) dan Kedutaan Besar Perancis, menggelar Pekan Gastronomi Perancis dari 13, 15, 17 dan 18 Oktober 2023. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan yang mengusung budaya kuliner Perancis, dengan berbagai kegiatan menarik yang melibatkan beberapa chef handal dari program studi Hotel Bisnis maupun langsung dari Perancis.

Pekan Gastronomi Perancis dimulai dengan cooking demo hidangan Perancis yang menggoda selera, yaitu Petite Aubergine Roti, Petit Aubergine Rôti, Chutney De Tomates et Condiment, Encornet Sauté, Légumes Retour Du Marché, Huile De Basilic yang dipandu oleh Chef Richard Gillet dari Perancis pada tanggal 13 Oktober di Auditorium Podomoro Univeristy. Melalui acara cooking demo ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk belajar dari seorang ahli kuliner yang berpengalaman dalam masakan Perancis.

Pada tanggal 15 Oktober, acara dilanjutkan dengan demo memasak French Chocolate Mousse oleh Chef Stella Permata yang juga merupaka salah satu pengajar pastry praktek di program studi Hukum Bisnis Podomoro University di Central Department Store. Chocolate Mousse adalah salah satu hidangan penutup Perancis yang terkenal, dan peserta acara dapat merasakan pengalaman belajar membuat hidangan ini dari seorang koki berbakat.

Selain itu, di Pekan Gastronomi Perancis Podomoro University mendapat kesempatan melakukan Open Restaurant Les Papillons milik program studi Hotel Bisnis Podomoro University pada tanggal 17 Oktober. Acara ini dihadiri oleh France Ambassador Mr. Fabien Penone dan Rektor Podomoro University, Bapak Bacelius Ruru. Makan siang bersama di acara ini merupakan kesempatan langka untuk bersantap dengan para tokoh penting dari Perancis dan universitas.

Bapak Bacelius Ruru, Rektor Podomoro University menyampaikan “saya sangat gembira dan bangga atas terselenggaranya Pekan Gastronomi Prancis di kampus kami, yang berkolaborasi dengan Institut Français d'Indonésie (IFI) dan Kedutaan Besar Perancis. Acara ini merupakan salah satu tonggak penting dalam upaya kami untuk memperkaya pengalaman pendidikan mahasiswa dan mengembangkan kerja sama lintas budaya.”

Mr. Fabien Penone, Duta Besar Perancis mengatakan “ Saya ingin menyampaikan terima kasih khusus kepada mahasiswa Podomoro University yang telah menyajikan hidangan lezat dan menakjubkan hari ini. Kemampuan kalian sudah sangat layak untuk bersaing di dunia industri baik nasional maupun internasional. Semoga keahlian dan semangat kalian dalam memasak dapat terus berkembang. Acara ini benar-benar menjadi momen berharga dan inspiratif, dan saya berharap bahwa kolaborasi antara Perancis dan Indonesia akan terus berkembang dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia kuliner dan pendidikan. Terima kasih kepada semua yang telah berkontribusi untuk membuat acara ini menjadi sukses besar.”

Acara Pekan Gastronomi Perancis ini turut didukung oleh Kumala Home and Kitchen serta Duralex Indonesia, yang telah memberikan dukungan dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Acara ini tidak hanya menjadi wadah untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya kuliner Perancis di Indonesia, tetapi juga mempererat hubungan antara kedua negara dan institusi pendidikan.

Pekan Gastronomi Perancis di Podomoro University telah berhasil memberikan pengalaman unik kepada para pengunjung dalam menjelajahi kelezatan hidangan Perancis, serta memperkuat kolaborasi antara Indonesia dan Perancis dalam bidang kuliner dan pendidikan. Selain itu, melalui acara ini pula kompetensi dari program studi Hotel Bisnis Podomoro University juga sudah layak bersaing di taraf internasional. (RA)