Salah satu rahasia sebuah bisnis dapat tetap bertahan di tengah persaingan pasar, dan ketidakstabilan ekonomi adalah model bisnis yang tepat. Namun, menentukan model bisnis bukanlah hal yang mudah, ada banyak hal yang perlu dilakukan dan dikorbankan untuk menemukan model bisnis yang tepat di tengah pasar yang beragam. Salah satu faktor yang dapat memudahkan Anda untuk menentukan model bisnis yang tepat adalah analisis peluang pasar.
Analisis peluang pasar adalah sebuah proses riset terhadap faktor-faktor tertentu yang dapat mempengaruhi kegiatan usaha. Analisis peluang pasar dapat membuat bisnis anda menemukan potensi terbaik dalam proses jual beli sebelum nantiknya bisnis diluncurkan. Dengan analisis peluang pasar, Anda dapat memilih langkah yang tepat dalam proses pemasaran, apakah produk Anda perlu penyesuaian terhadap pasar atau keluar dari pasar dengan mempertimbangkan ancaman dan peluang.
Banyak manfaat dapat diperoleh jika bisnis yang Anda kembangkan diawali dengan melakukan analisis peluang pasar. Manfaat yang dapat anda peroleh adalah.
Berikut ini kami akan membagikan beberapa tips bagi Anda untuk menganalisa peluang pasar
Pada tahap awal, disebut dengan tahap pengamatan, Anda diminta untuk melihat perkembangan pasar yang sedang terjadi saat ini. Salah satu faktor yang membuat sebuah bisnis tidak berkembang adalah tidak mengikuti perkembangan pasar. Contoh menganalisis perkembangan pasar misalnya di era pandemi, pasar online memiliki peminat yang lebih tinggi dibanding pasar offline. Dari pengamatan yang dilakukan, catat hal-hal penting yang anda temukan.
Taruh di benak anda, konsumen adalah raja, terkadang konsumen memiliki banyak keinginan yang secara spesifik belum ada di pasar. Anda perlu pahami bahwa keinginan konsumen bukan hanya berkaitan dengan produk yang Anda tawarkan, bisa saja pelayanan yang anda berikan ataupun hal lain. Anda dapat melakukan berbagai cara untuk mengetahui keinginan konsumen, bisa bertanya kepada konsumen secara langsung, ataupun bertanya kepada orang yang telah sukses di bidang yang anda tekuni. Seminar terkait topik ini juga dapat anda ikuti untuk menambah wawasan Anda terkait keinginan konsumen.
Setelah anda mengetahui keinginan konsumen, langkah selanjutnya adalah analisis produk di pasar. Tahap ini dapat membantu Anda untuk melakukan inovasi terhadap produk yang Anda tawarkan. Jika produk yang ingin Anda tawarkan telah ada di pasar, coba anda berpikir hal menarik apa yang dapat membedakan produk anda dengan produk lain. Untuk membahasnya lebih lanjut, akan di jelaskan di bagian berikutnya.
Tahapan ini merupakan tahap yang dapat membuat produk anda memiliki nilai lebih dibanding kompetitor. Sesuai judulnya pelajari kompetitor, disini anda diminta untuk melihat apa saja produk dan pelayanan yang diberikan oleh kompetitor. Anda dapat berkunjung ke tempat kompetitor secara langsung ataupun mengunjungi situs website kompetitor. Carilah kekurangan dari kompetitor yang bisa anda tingkatkan di produk anda. Dengan begitu, anda memiliki hal yang istimewa dibanding produk yang ditawarkan kompetitor.
Pada tahap terakhir, produk Anda harus berbeda dari produk lain, caranya dengan melakukan modifikasi, setelah Anda mempelajari kekurangan dari kompetitor. Pastinya anda tidak mau dong bisnis yang Anda bangun dibilang tiruan dari bisnis orang lain. Maka dari itu, modifikasi perlu dilakukan, dengan modifikasi produk ataupun jasa yang anda tawarkan, konsumen dapat membedakan mana produk anda, dan mana produk kompetitor. Jika modifikasi yang Anda lakukan lebih baik dari produk yang ditawarkan kompetitor, produk Anda akan mendapatkan nilai lebih di mata konsumen.
Setelah membaca tips analisis peluang pasar, apakah anda berkeinginan untuk memulai bisnis? Ingin menjadi pebisnis atau pengusaha? Perlu anda ketahui bahwa siapa saja dapat menjadi seorang pebisnis atau pengusaha. Tapi tunggu dulu, apa bedanya pebisnis dan pengusaha? Terkadang orang menyamakan keduanya, tapi perlu anda ketahui, keduanya merupakan hal yang berbeda.
Dilansir dari idntimes.com pebisnis dan pengusaha memiliki enam perbedaan yang sering disamakan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pebisnis adalah “orang yang secara komersial berusaha dalam bidang perdagangan; orang yang melakukan bisnis”, sedangkan pengusaha adalah “orang yang mengusahakan (perdagangan, industri, dan sebagainya); orang yang berusaha dalam bidang perdagangan”.
Pebisnis pada umumnya akan melakukan pengembangan pada produk yang dimilikinya, sesuai dengan tuntutan pasar yang ada, dan mengejar passion sebagai tujuan akhir. Sedangkan pengusaha berfokus pada keuntungan yang didapat. Seorang pengusaha akan memikirkan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan yang stabil
Pebisnis akan terus melakukan inovasi terhadap produk yang ditawarkan agar produknya tetap diterima konsumen. Pengusaha juga melakukan hal yang sama, tetapi seorang pengusaha akan lebih fokus kepada rutinitas nya sehari-hari, karena bisnis yang telah dibangunnya sudah stabil, seorang pengusaha hanya perlu mengontrol agar bisnisnya tetap berjalan dengan stabil.
Perbedaan pebisnis dan pengusaha selanjutnya adalah resiko yang diambil. Seorang pebisnis hanya akan menjalankan bisnis yang resikonya telah dihitung secara matematika, sedangkan pengusaha lebih cenderung akan secara penuh mengambil resiko yang ada. Seorang pengusaha rela meluangkan waktu dan uangnya agar bisnisnya tercapai, semua itu juga dilakukan berdasarkan riset.
Seorang pebisnis adalah orang yang selalu melakukan perhitungan atas usaha yang dilakukan, alhasil seorang pebisnis akan mendapatkan hasil yang besar meski membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan seorang pengusaha adalah orang yang selalu ingin usaha yang dibangunnya stabil dengan penghasilan yang besar, dan dalam waktu yang singkat.
Pebisnis dan pengusaha sama sama melakukan investasi, perbedaannya seorang pebisnis cenderung akan melakukan investasi jangka panjang, sehingga perputaran uang akan lambat tetapi bisnis akan terus berjalan meski kadang kala dalam kondisi naik atau turun. Sedangkan seorang pengusaha lebih cenderung akan melakukan investasi jangka pendek, meski ada juga pengusaha yang melakukan investasi jangka panjang.
Perlu anda ketahui bahwa menjadi seorang pebisnis atau pengusaha bukanlah hal yang mudah, banyak hal perlu anda siapkan, bukan hanya tentang uang, tetapi juga pengetahuan dan ilmu. Jika anda ingin memperdalam ilmu terkait bisnis terkhususnya menjadi seorang entrepreneur, Podomoro University telah menyediakan wadah bagi Anda untuk belajar dan mengenal lebih dalam bagaimana menjadi seorang entrepreneur melalui program studi entrepreneurship.
Dengan program studi ini, Anda akan diajarkan untuk menerapkan keterampilan dan pengetahuan berdasarkan pengalaman yang ada. Dengan program berbasis pengalaman, mahasiswa akan diajarkan untuk mengembangkan pola pikir, dan menciptakan nilai dengan mengelola sumber daya secara inovatif dan kreatif. Dengan kurikulum yang telah dirancang secara baik, lulusan mampu menghadapi dunia industri, baik secara nasional, maupun internasional.