Mengenal Tokoh Inspiratif Bob Sadino & Kata-kata Motivasinya

08 April 2022

Historical

Bambang Mustari Sadino atau yang kerap disapa Bob Sadino atau Om Bob, merupakan tokoh inspiratif di dunia bisnis. Pengusaha inspiratif ini lahir di Tanjungkarang, Lampung pada 9 Maret 1933, dan meninggal dunia pada 19 Januari 2015.

Nama Bob Sadino dikenal sebagai seorang pebisnis yang sukses, Bob Sadino memiliki beberapa bisnis yakni Kem Chicks, Kemfood, Kem Farm, dan The Mansion at Kemang. Kesuksesan Bob Sadino dengan berbagai bisnis yang ditekuni melalui proses yang panjang, semua berawal sebagai penjual telur keliling. 

 

Ayah Bob bernama Sadino dan ibu bernama Itinah Soeraputra. Bob Sadino adalah anak terakhir dari lima bersaudara. Ia lahir dan tumbuh dari lingkungan keluarga yang berkecukupan, dengan ayah sebagai seorang guru dan kepada sekolah pada zaman Hindia-Belanda. Meski memiliki latar belakang keluarga yang berkecukupan, tidak membuat Bob Sadino menjadi seorang yang bergantung kepada orang tuanya, melainkan sebaliknya, ia menjadi sosok yang mandiri.

Pada usia yang ke 19 tahun, ayah Bob meninggal, dan meninggalkan warisan kepadanya. Seluruh harta warisan keluarga diberikan kepadanya karena anggota keluarga yang lain telah memiliki kehidupan yang mapan dan berkecukupan. Saat itulah awal mula kisah Bob di dunia bisnis. 

 

Perjalanan Hidup Bob Sadino

Bob Sadino menghabiskan masa pendidikan SD di Yogyakarta pada tahun 1947, SMP di Jakarta pada tahun 1950, SMA di Jakarta pada tahun 1953. Setelah lulus dari bangku SMA, Bob melanjutkan perkuliahan di Universitas Indonesia dengan memilih fakultas hukum. Tak sempat menyelesaikan perkuliahannya, Bob memilih untuk berhenti berkuliah. Meski demikian, bukan berarti Bob Sadino menganggap kuliah adalah hal yang tidak berguna, ia mengatakan kita ngomong apakah belajar itu perlu. Saya nggak pernah bilang belajar itu nggak perlu atau nggak usah, dan saya tidak punya basis, tidak sekolah. Saya adalah orang bodoh. Nah, dari kebodohan ini yang menjadi kekuatan saya”

Karyawan Unilever

Setelah berhenti berkuliah Bob memilih bekerja sebagai karyawan di Unilever, ia bekerja sebagai seorang karyawan hingga tahun 1955. Karena sebelumnya Bob diwariskan harta oleh ayahnya, sebagian dari uang tersebut ia gunakan untuk berkeliling dunia, Ia pun singgah dan menetap di belanda selama 9 tahun. Selama di Belanda Bob bekerja di perusahaan pelayaran Djakarta Lloyd di kota Amsterdam dan di Jerman. Saat di Belanda Bob bertemu dengan teman hidupnya Soelami Soejoed yang merupakan karyawati Bank Indonesia Amerika Serikat.

Usaha Sewa Mobil

Tahun 1967 Bob dan keluarganya kembali ke Indonesia. Di Indonesia Bob membeli dua mobil Mercedes dan membuka usaha sewa mobil dan Bob sendiri yang menjadi supirnya. Sayangnya bisnis sewa mobilnya tidak berjalan mulus, Ia mengalami kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya mengalami kerusakan.

Menjadi Kuli Bangungan

Karena musibah yang dialami, Bob tidak memiliki cukup modal untuk memperbaiki mobilnya, sehingga Ia memutuskan untuk menjadi seorang kuli bangungan. Hal tersebut dilakukan demi mencukupi kebutuhan hidup bersama keluarga. Karena tekadnya yang kuat, ditengah musibah yang melanda, ia tidak menyerah dan tetap berusaha. 

Bisnis Telur Ayam Negeri dan Pengembangbiakan Ayam Broiler

Meski depresi karena musibah yang dialami sebelumnya, tidak membuat Bob menyerah begitu saja, Ia kembali bangkit dengan berbisnis telur ayam negeri. Bisnisnya bermula saat rekan Bob bernama Sri Mulyono Herlambang yang merupakan Jenderal Angkatan Udara, menawarkannya untuk memulai bisnis telur ayam negeri. 

Kemampuan Bob melihat peluang pasar dan menjalin hubungan yang baik dengan teman-temannya di luar negeri, membuat bisnisnya terus berkembang. Bob terus belajar dan berhasil mengembangbiakan ayam broiler di Indonesia. Pengembangbiakan tersebut ia pelajari dari majalah peternakan berbahasa Belanda yang dikirimkan kepadanya.

Bisnis Sayuran

Setelah berhasil dalam bisnis telur dan ayam broiler, Bob melihat peluang baru, yaitu bisnis sayuran. Bob mulai mengembangkan sayur dan buah-buahan luar negeri yang belum ada di Indonesia. Dari inovasinya tersebut, bisnis sayuran yang ditekuni juga mengalami kesuksesan.

Bob percaya bahwa untuk mencapai kesuksesan tidak ada yang instan, semuanya harus diawali dengan kegagalan dan kembali bangkit. Meski dari awal memfokuskan dirinya di dunia bisnis, menurut Bob uang bukanlah hal yang utama, Bob memiliki prinsip dalam bisnis adalah kemauan, komitmen, dan berani mengambil peluang.

 

Kata-kata Mutiara Bob Sadino

Kata-kata Mutiara Bob Sadino

image source: pintek.id

Setelah membaca cerita di atas, bagaimana pendapat Anda? Sangat inspiratif bukan? Selain sepak terjangnya dalam dunia bisnis yang menjadikannya sebagai sosok inspiratif, Bob Sadino juga dikenal sebagai sosok yang memiliki kata-kata yang inspiratif dan mendunia. Dikutip dari hot.liputan6.com, berikut adalah kata-kata mutiara Bob Sadino.

 “Orang pintar kebanyakan ide dan akhirnya tidak ada satu pun yang jadi kenyataan. Orang goblok cuma punya satu ide dan itu jadi kenyataan.”

 “Orang Goblok sulit dapat pekerjaan, akhirnya buka usaha sendiri. saat bisnisnya berkembang, orang goblok mempekerjakan orang pintar.”

 “Orang pintar maunya cepat berhasil, padahal semua orang tahu itu impossible! Orang goblok cuma punya satu harapan, yaitu hari ini bisa makan.”

 “Orang pintar yang hebat dalam analisis, sangat mungkin berpikir negatif tentang sebuah bisnis, karena informasi yang berhasil dikumpulkannya sangat banyak. Sedangkan orang bodoh tidak sempat berpikir negatif karena harus segera berbisnis.”

 “Orang pintar berpikir aku pasti bisa mengerjakan semuanya, sedangkan orang bodoh menganggap dirinya punya banyak keterbatasan sehingga harus dibantu orang lain.”

 “Orang pintar menganggap sudah mengetahui banyak hal, tetapi seringkali melupakan penjualan. Orang bodoh berpikir simple, yang penting produknya terjual.”

 “Orang pintar sering menganggap remeh kata fokus. Buat dia, melakukan banyak hal lebih mengasyikkan. Sementara orang bodoh tidak punya kegiatan lain kecuali fokus pada bisnisnya.”

“Orang pintar merasa gengsi ketika gagal di satu bidang sehingga langsung beralih ke bidang lain, ketika menghadapi hambatan. Orang bodoh seringkali tidak punya pilihan kecuali mengalahkan hambatan tersebut.”

“Orang Goblok itu ga banyak mikir yang penting melangkah, Orang pintar kebanyakan mikir akibatnya tidak pernah melangkah.”

“Orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan. Orang goblok itu berjuang keras untuk sukses agar bisa bayar pelamar kerja.”

“Banyak orang tanya, “Bisnis apa yang BAGUS?” Jawabnya, “Bisnis yang bagus adalah yang DIBUKA, bukan yang ditanyakan terus.”

“Setinggi apapun pangkat yang Anda miliki, Anda tetaplah karyawan. Sekecil apapun usaha Anda, Anda adalah BOS-nya.” 

“Kamu ini bangun pagi, mandi, pamit kerja, pake seragam, kaki dibungkus sepatu, berangkat pagi pulang malam bayaran ga seberapa KERJA APA DI KERJAIN?”

“Bisnis itu hanya modal dengkul bahkan jika Anda tidak punya dengkul pinjam dengkul orang lain.”

“Berhenti membuat rencana, MELANGKAHLAH!” 

Sekian cerita tentang Bob Sadino dan sebagian dari kata-kata mutiaranya, semoga dengan cerita inspiratif ini membuat Anda tetap semangat menjalankan bisnis di tengah tantangan dan hambatan yang harus dilewati. Anda juga bisa belajar beragam strategi bisnis dan hal-hal tentang kewirausahaan lainnya sebagai bekal untuk menjadi seorang pengusaha sukses dengan belajar di perguruan tinggi yang memiliki program studi bisnis seperti jurusan Entrepreneurship di Podomoro University. Kunjungi sekarang!