Podomoro University Raih Best Paper di The 5th Geoplanning International Conference of Geomatic and Planning

18 Oktober 2023

General

Surakarta 21 September 2023 -  Tim dosen dari Podomoro University yang diwakili oleh dosen dari Program Studi Arsitektur, Hotel Bisnis serta Perencanaan Wilayah dan Kota mengikuti International Conference the 5th Geoplanning “GIS and Remote Sensing Application for Smart City and Regional Development in Post Pandemic Era” yang diadakan pada 20-21 september 2023 di Solo Paragon Hotel Surakarta. Seminar internasional Geoplanning adalah suatu wadah untuk mendiseminasikan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti dari berbagai macam perguruan tinggi maupun instansi baik dari dalam maupun luar negeri. 

Seminar Geoplanning ini banyak membahas mengenai pengembangan ilmu perencanaan kawasan khususnya pada bidang pariwisata dan desa wisata.  Konferensi Internasional yang merupakan kolaborasi antara Universitas Diponegoro dengan Podomoro University yang bertindak sebagai co-host. Dalam seminar ini pula, salah satu paper yang dibawakan oleh tim dosen Podomoro University yakni Bapak Asep Syaiful Bahri, Ibu Vidya Trisandini Azzizi, Bapak Doni Fireza, dan Bapak Shandy dengan judul “Digital Mapping Utilization in Rural Tourism Travel Routes Development (Study Case of Sirnajaya Village, West Java, Indonesia)” berhasil meraih penghargaan sebagai “Best Paper” di acara tersebut.

Paper ini mengambil latar belakang pentingnya pengembangan pariwisata pedesaan, terutama di daerah Sirnajaya, Jawa Barat, Indonesia. Pariwisata pedesaan memiliki potensi besar untuk meningkatkan perekonomian lokal dan mempromosikan kekayaan budaya serta alam desa-desa yang jarang terjamah. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan mendemonstrasikan bagaimana pemanfaatan pemetaan digital dapat digunakan sebagai alat untuk mengembangkan rute perjalanan pariwisata pedesaan yang lebih baik di Desa Sirnajaya. 

Bapak Asep Syaiful Bahri salah satu dari tim penulis paper ini mengatakan “Pengambilan tema tersebut dilatarbelakangi dengan keprihatinan tim penulis akan potensi wisata yang dimiliki oleh desa wisata sirnajaya namun pada kenyataannya potensi wisata tersebut belum dipetakan dan bahkan banyak masyarakat Sirnajaya yang belum mengetahui bahwa potensi yang terdapat di desa dapat dijadikan sebagai  aktivitas wisata. oleh karena itu dengan adanya digital mapping ini diharapkan potensi wisata yang terdapat di desa sirnajaya dapat dipetakan secara digital dan tentu saja bisa akses oleh masyarakat luar”. 

Proses pembuatan paper ini sendiri diawali dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat di desa Sirnajaya yang dibiayai oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia dengan program integrasi PKM dengan MBKM tahun 2022. Tim dari perumus dan penulis paper ini terlebih dahulu melakukan kunjungan yang diwakili oleh tim penulis yakni bapak Asep di bidang pariwisata, bapak Donny dan bapak Nino yang berfokus pada bidang arsitektur, serta Ibu mita dan Ibu Vidya pada proses pemetaan kawasan dan bapak Shandy yang bertugas dalam pengayaan atraksi berbasis kopi.

Bapak Asep Syaiful Bahri menambahkan “best paper ini merupakan bagian dari motivasi tim penulis untuk mensejajarkan Podomoro University di tingkat internasional. Kedepannya Podomoro University diharapkan menjadi pusat pendidikan tinggi yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional khususnya pada perencanaan kawasan pariwisata.” ungkap beliau.

Selain paper berjudul “Digital Mapping Utilization in Rural Tourism Travel Routes Development (Study Case of Sirnajaya Village, West Java, Indonesia)” ada beberapa paper lain yang juga dibawakan oleh tim dosen dari Podomoro University seperti : 

  1. Growth Centre Interaction through Gravity Model Approach using Geospatial Information System (Rahmatyas Aditantri, Angrenggani Pramitasari, Alif Dimas Wibisono, Lela Alifah Rahmi, Ashha Nindya Kusumodewi)
  2. Assessing Smart Growth Implementation and Its Impact on Urban Sprawl: A Content and GIS- Based Analysis (Nilam Atsirina Krisnaputri, Angrenggani Pramitasari, Elsa T. J. Sembiring, Rahmatyas Aditantri, Lela A. Rahmi, Maria D. G. Prathivi)
  3.  A Geospatial Framework for Self-Sustaining Urban Metabolism in South Tanjung Duren (Audrey Juliana, Adli Nadia, Doni Fireza)
  4. Geospatial and Temporal Analysis of Temperature-Humidity Index (THI) as Climate Mitigation Tool in Glamping Site in Cimahi Utara, West Java, Indonesia (Maria Prihandrijanti, Vidya Trisandini Azzizi)

Selamat kepada tim dosen Podomoro University atas penghargaan "Best Paper" di Konferensi Internasional Geoplanning. Semoga penelitian mereka terus memberikan inspirasi dan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pariwisata pedesaan, tidak hanya di Desa Sirnajaya, tetapi juga di tempat-tempat lain di seluruh dunia.berkarya ilmiah, serta berilmu amaliah yang memberikan dampak pada pertambahan pengetahuan serta memiliki impact sosial. (RA)