Peningkatan Potensi UMKM Desa Wisata Batulayang: Inisiatif Kolaboratif HIMA Program Studi Kewirausahaan

29 September 2023

General

 

Desa Wisata Batulayang, sebuah permata tersembunyi di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, menjadi tuan rumah bagi sebuah inisiatif yang menjanjikan oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) Program Studi Kewirausahaan, Universitas Agung Podomoro. Melalui Program PPK Ormawa 2023, HIMA mengunjungi Batulayang dengan tujuan mulia yakni menggali dan meningkatkan potensi dari lima UMKM unggulan desa ini.

Kelima UMKM tersebut adalah Rajita, yang menghadirkan kerajinan tangan berkualitas; Keripik Enye dan Kutu Mayang yang menawarkan keripik singkong dengan cita rasa autentik; Wedang Layang dengan minumannya yang menghangatkan jiwa; dan Bakpia Edamame yang menciptakan perpaduan rasa tradisional dan modern. Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, HIMA berfokus pada aspek-aspek vital dalam bisnis: pemasaran, legalitas, operasional, produksi, serta sumber daya manusia.

Dalam upaya membekali UMKM ini dalam hal legalitas, HIMA menjalin kerjasama strategis dengan PLUT Kabupaten Cianjur. Kegiatan ini menyoroti pentingnya PIRT (Pendaftaran Industri Rumah Tangga) dan NIB (Nomor Induk Berusaha) bagi pelaku UMKM, sebuah langkah penting dalam membangun kepercayaan konsumen dan memenuhi aspek legal bisnis di Indonesia.

Selain itu, HIMA juga berinisiatif memberikan pembinaan kepada para pelaku UMKM. Melalui serangkaian tutorial, mereka mendemonstrasikan cara memproduksi bakpia edamame, mengkreasi tas rajut yang sesuai dengan tren masa kini, serta memberikan inovasi pada produk Kutu Mayang dan Keripik Enye. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas produksi dan memaksimalkan potensi pasarnya.

Kegiatan PPK Ormawa yang digagas oleh HIMA ini bukan hanya sekedar kunjungan. Ini adalah manifestasi dari dedikasi mahasiswa Kewirausahaan Universitas Agung Podomoro dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat. Dengan harapan, kolaborasi ini bukan hanya membawa perkembangan bagi UMKM di Desa Batulayang, tapi juga menularkan semangat kewirausahaan dan inovasi bagi generasi muda Indonesia.