External Benchmarking LPMI UAP ke PJM UMB

29 Agustus 2022

News

Pada tanggal 25 Agustus 2022, LPMI UAP diberikan kesempatan untuk melakukan external benchmarking ke PJM UMB. External benchmarking dilakukan dalam rangka untuk peningkatan penjaminan mutu UAP. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh tim LPMI UAP dan diterima dengan hangat oleh Direktorat Pusat Penjaminan Mutu UMB yang terdiri atas Prof. Dr. Andi Andriansyah (Direktur Penjaminan Mutu), Dr. Tine Yuliantini, M.M., CRA (Ka.Biro Penjaminan Mutu Internal), Dr. Eng. Imam Hidayat, ST., MT (Ka. Biro Penjaminan Mutu Eksternal), Fauzi Nur Iman, S. Kom., beserta Para Kabag di setiap Biro dan jajarannya.

Kegiatan external benchmarking ini diawali dengan perkenalan dari masing-masing lembaga  penjaminan mutu yang dilanjutkan dengan presentasi profil PJM UMB yang meliputi Struktur Organisasi Direktorat PJM UMB, dokumen mutu SPMI, pelaksanaan AMI, kegiatan ISO, kegiatan audit mutu internal dan eksternal (ISO), kegiatan workshop dan penyegaran SPMI bagi tim gugus mutu, pendampingan pelaksanaan RTM bagi unit yang membutuhkan, kegiatan workshop manajemen risiko dari PJM ke setiap unit di internal UMB (Materi presentasi terlampir); Kegiatan diskusi dan sharing pengalaman implementasi penjaminan mutu di masing-masing institusi serta kunjungan ke kantor PJM UMB untuk melihat langsung dokumen mutu yang dimiliki oleh PJM UMB.

Secara keseluruhan, kegiatan external benchmarking yang dilaksanakan oleh LPMI UAP bersama PJM UMB telah mendiskusikan 5 (lima) aspek utama dalam penjaminan mutu Pendidikan tinggi yang meliputi: 1) ketersediaan dokumen legal dalam pembentukan unsur pelaksana penjaminan mutu bagi Pendidikan tinggi. 2) ketersediaan dokumen mutu: kebijakan SPMI, manual SPMI, standar SPMI, dan formulir SPMI. 3) terlaksananya siklus penjaminan mutu (siklus PPEPP) 4) bukti sahih efektivitas pelaksanaan penjaminan mutu. Serta 5) tindak lanjut kegiatan external benchmarking dalam meningkatkan penjaminan mutu Pendidikan tinggi. Selain itu juga dilakukan pembahasan terkait implementasi penjaminan mutu di masing-masing perguruan tinggi terintegrasi dengan manajemen dan operasional institusi.

Banyak pengetahuan dan pengalaman bermanfaat yang diperoleh Tim LPMI UAP dari kegiatan external benchmarking ke PJM UMB. Segenap Tim LPMI UAP menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PJM UMB atas sambutan dan sharing pengalaman dan praktik baik penjaminan mutu di UMB yang disampaikan kepada kami melalui kegiatan ini, kepada Prof. Dr. Andi Andriansyah (Direktur Penjaminan Mutu), Dr. Tine Yuliantini, M.M., CRA (Ka.Biro Penjaminan Mutu Internal), Dr. Eng. Imam Hidayat, ST., MT (Ka. Biro Penjaminan Mutu Eksternal), Fauzi Nur Iman, S. Kom., dan jajarannya, sekali lagi disampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Salam Mutu!