Apa itu Nasionalisme ?

24 Juli 2023

Historical

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, nasionalisme atau kesadaraan nasional memiliki pengertian yaitu sebagai kesadaran keanggotaan dalam suatu bangsa yang secara bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabdikan identitas, integritas, kemakmuran dan kekuatan bangsa itu.

Atas dasar penjelasan tersebut, diketahui bahwa berbangsa atau berbangsa memerlukan suatu pengetahuan tentang bangsa dan negara. Nasionalisme secara umum tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat terpelajar suatu bangsa.

Nasionalisme di kalangan terpelajar tumbuh karena beberapa alasan.

  1. Kesadaran akan kesetaraan yang disebabkan oleh penindasan atau penjajahan oleh bangsa lain penguasa otoriter.
  2. Kesadaran akan persamaan ras, bahasa, tradisi, sejarah dan budaya.
  3. Kesadaran kesamaan fisik, seperti tanah air dan geografi.
  4. Kesadaran akan persamaan agama dengan ideologi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuhnya semangat di masing-masing negara disesuaikan dengan situasi dan kondisi negara tersebut. Wujud nasionalisme pada setiap bangsa terkadang memiliki perbedaan tergantung dari keadaan bangsa tersebut.

Nasionalisme di Indonesia pada masa penjajahan, berupa kaum kolonialis memperoleh kemerdekaan dengan ikut serta bersama kaum kolonialis, dalam konteks penerapannya di masa sekarang, Nasionalisme juga dapat diwujudkan dari memunculkan jiwa kewirausahaan yang tetap berbudaya indonesia, namun berkualitas internasional.