Penipuan File APK

22 Mei 2023

Technology

Modus penipuan online kini semakin meluas. Yang sedang viral saat ini adalah penipuan online dengan format aplikasi mengirim pesan WhatsApp. Adapun modus penipuan tergolong anyar ini dapat berupa undangan pernikahan, penipuan kurir paket, ataupun aplikasi yang bertuliskan Foto atau Video namun berformat file .apk

Modus baru ini akan mencuri informasi dan data pribadi, sehingga penting bagi kita untuk selalu waspada.

Bagimana cara kerjanya?

  1. Nomor tidak dikenal mengirimkan file sehingga calon korban mengklik dan menginstal .APK.
  2. Setelah diinstal, calon korban harus memberikan akses ijin ke beberapa aplikasi, yang memungkinkan pembuat untuk mencuri data rahasia di perangkat korban

Data yang dicuri dapat berupa informasi pribadi, SMS, informasi rahasia perbankan seperti one-time password.

Jangan Terjebak dalam Penipuan File APK Agar tidak terjebak scam ini, ada 3 hal penting yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Hindari mengklik file .APK yang diterima dari orang yang tidak dikenal melalui pesan singkat. Selalu pastikan bahwa sumber aplikasi yang akan dipasang adalah dari Google Play Store atau sumber terpercaya.
  2. Hindari berikan izin akses apa pun jika aplikasi yang akan diinstal bukan dari sumber terpercaya.
  3. Intinya, jika Anda menerima file .APK dari seseorang melalui pesan teks, jangan tergoda untuk mengklik untuk menginstal file tersebut. Hal ini karena setelah file .APK diinstal, file .APK tersebut akan meminta akses untuk mengambil data pribadi seperti foto, video, SMS, dan akses akun m-banking.

Penipu akan memiliki kendali atas perangkat anda dan semua informasi rahasia seperti kode PIN, kata sandi, dan kode OTP.

Setiap orang harus memahami bahwa data pribadi sangat dan harus dilindungi dengan baik Oleh karena itu, penting untuk setiap orang memahami bagaimana data pribadi saat menggunakan Internet. 

Dan pastikan anda melakukan analisa secara seksama yang berkaitan dengan data digital pribadi anda.