Pandangan Kewirausahaan Melalui Sudut Sejarah

22 Mei 2023

Historical

Sejak zaman kuno sudah berkembang jalur perdagangan yang menghubungkan antara Cina dan Eropa. Jalur perdagangan itu melalui laut dan jalur darat. Dari dua jalur perdagangan itu, India memiliki letak yang sangat penting. Hal itu disebabkan wilayah India berdekatan dengan kedua jalur tersebut. Keuntungannya adalah orang-orang India dapat pergi ke Eropa ataupun ke Cina sehingga banyak bergaul dengan pihak lain. Hubungan dagang Indonesia dengan India dan Cina makin bertambah ramai. Banyak para pedagang India dan Cina berkunjung ke Indonesia karena memiliki banyak barang dagangan yang sangat berharga. Hubungan dagang dengan India makin meluas terutama setelah mereka mengambil jalan pintas. Mereka menyusuri pantai timur Sumatera, terus ke Selat Malaka berbelok menyusuri pantai utara Jawa, Bali, pantai timur Kalimantan (Muara Kaman) terus ke Cina. 

Melihat dari sudut pandang sejarah, dapat dikatakan perdagangan merupakan jati diri bangsa Indonesia sehingga dikenal meluas di mancanegara, Sifat inilah yang kemudian dikenal secara modern menjadi Kewirausahaan atau Entrepreneur. Jiwa Entrepreneur itu bukan hanya bermakna secara harfiah yaitu berdagang, namun makna didalamnya lebih luas, yaitu sifat analisis, kritis, berjuang, pantang menyerah dalam berbisnis. 

Thinking and Acting Like and Entrepreneurial Leader (TAEL) merupakan salah satu wawasan yang dipercaya dapat menumbuhkan sifat Entrepreneur.