Mengenal Apa itu Cyber Security ?

09 Mei 2023

Technology

Cyber Security adalah sebuah tindakan melakukan perlindungan keamanan dari komputer, server, perangkat mobile, sistem elektronik , jaringan dan data dari berbagai serangan digital yang membahayakan. Seringkali juga disebut sebagai keamanan teknologi informasi atau keamanan informasi elektronik. Adapun dalam penerapannya cyber security dikategorikan menjadi beberapa bagian:

  1. Network Security, tindakan pengamanan jaringan komputer dari pihak luar baik disengaja maupun serangan secara acak atau malware (aplikasi yang merusak).
  2. Application Security, memastikan aplikasi software dan hardware terbebas dari ancaman. Aplikasi yang dirancang dengan memperhatikan unsur keamanan dan perlindungan data secara awal sebelum dijalankan secara operasional.
  3. Information Security, melindungi integritas dan data pribadi, baik dalam proses media penyimpanan ataupun dalam perjalanan data.
  4. Operational Security, berbagai proses dan penyelesaian dalam menyikapi dan melindungi data aset. Ruang lingkup ijin untuk melakukan akses data dan penyimpanan dilindungi berdasarkan kebutuhan dan peran posisi didalam sebuah pekerjaan atau departemen.
  5. Disaster Recovery and Business Continuity, memastikan tindakan yang dapat dilakukan sebuah organisasi dalam menanggani kejadian keamanan siber (Cyber Security) atau masalah lain yang dapat mengakibatkan kehilangan data atau menganggu kegiatan operasional. Kebijakan Disaster Recovery meng-instruksikan tindakan yang harus dilakukan untuk mengembalikan operasional dan informasi seperti sediakala atau setidaknya meminimalisir kendala yang terjadi. Keberlanjutan proses bisnis (Business Continuity) merupakan perencanaan / skenario terhambatnya operasional dengan kondisi yang terburuk.
  6. End-user education, merujuk kepada faktor yang tidak dapat diprediksi, yaitu orang. Dimana terjadinya atas inisiasi dari seseorang baik disengaja ataupun tidak, yaitu dengan cara melakukan injeksi virus kedalam sistem yang ada. Menjelaskan user / pengguna untuk melakukan penghapusan file email yang mencurigakan, tidak menghubungkan flashdisk atau penyimpanan eksternal yang tidak jelas, ataupun tindakan lainnya yang dapat mengganggu sebuah sistem keamanan.

(sumber: https://www.kaspersky.com/resource-center/definitions/what-is-cyber-security)