Berbagai Manfaat Cabai untuk Kesehatan

13 Mei 2020

Health

By: Anastasia Sabrina (PU-X)

     Cabai merupakan salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya pasti ada yang kurang dan tidak sedap jika tidak ada cabai sebagai pelengkap dari masakan yang dihidangkan. Keberadaan Cabai dalam suatu masakan mampu memunculkan cita rasa dalam berbagai masakan khas Indonesia. Dibalik dari kelezatan cabai ini, ternyata cabai memiliki manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Apa saja manfaatnya? Mari simak penjelasan berikut:

1. Melancarkan Pencernaan

Berdasarkan pandangan dari Ari Fahrial Syam selaku konsultan lambung dan pencernaan dari RS Cipto Mangunkusumo memaparkan bahwa cabai baik untuk saluran pencernaan, khususnya yang sedang mengalami sembelit. Hal ini disebabkan cabai meningkatkan gerak peristaltic usus sehingga mampu memperlancar proses buang air besar. Selain itu cabai juga meningkatkan pertahanan lambung akan infeksi, produksi cairan pencernaan dan membantu mengantar enzim ke lambung.

2. Menghambat Penyakit Kanker

Medical News Today, American Association for Cancer Research mengungkapkan bahwa Senyawai alkoid dan capcaisin dalam cabai yang menimbulkan rasa pedas mampu membunuh dan memperlambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker prostat, pankreas, dan kulit. Cabai memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti kandungan antioksidan, vitamin A, C, E, beta karoten, kolin, lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin yang mempu menghilangkan radikal bebas penyebab kanker.

3. Membantu Pembentukan Sel Darah

Cabai mengandung kalsium, asam folat, tembaga, dan zat besi yang berperan penting dalam meningkatkan produksi sel darah baru dalam tubuh. Konsumsi cabai sangat dianjurkan bagi penderita anemia dan kelelahan.

4. Penghilang Rasa Nyeri dan Sakit Alami

Kandungan Capsaicin dalam cabai juga dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat aterosklerosis yakni penyempitan dan penebalan arteri pada tubuh. Kandungan Capsaicin bekerja melemahkan reseptor sensorik dan dan juga memberikan efek anti-inflamasi melalui pengurangan zat neuropeptide yang bergerak ke otak untuk memberi sinyal rasa sakit. Ketika produksi zat tersebut berkurang, maka sinyal nyeri tidak dapat mencapai otak sehingga rasa nyeri berkurang. dan juga memberikan efek anti-inflamasi.

5. Menurunkan Berat Badan

Cabai membantu proses pembakaran kalori tubuh secara efisien sehingga dapat mengontrol berat badan. Kandungan Capsaicin cabai membuat tubuh terasa panas dan mampu mengubah lemak putih menjadi lemak coklat. Lemak coklat merupakan bagian lemak baik dari tubuh yang dapat meningkatkan pengeluaran energi dan membakar kalori tubuh. Cabai juga dapat membantu kelancaran metabolisme dan mengurangi nafsu makan sehingga kita dapat makan lebih sedikit dan terasa kenyang lebih lama.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Rasa panas dan pedas yang dihasilkan cabai membuat tubuh terasa kepanasan sehingga pembuluh darah dapat menjadi lebih rileks. Selain itu, kandungan Capsaicin dalam cabai membuka pembuluh dara sehingga dapat meningkatkan aliran darah. Saat laju aliran darah ini meningkat, tekanan darah kita dapat turun secara alami.