Manfaat Mengonsumsi Pepaya

13 Mei 2020

Health

oleh: Fendy Kurniawan (PU-X)


Pepaya awalnya berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Latin. Namun, kini tanaman Pepaya telah menyebar luas dan banyak ditanam di daerah tropis, Indonesia salah satunya. Nama Pepaya sendiri dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "Papaja", yang juga diambil dari bahasa Arawak, "Papaya".

Di Indonesia, Pepaya merupakan buah yang cukup populer, selain karena mudah didapatkan dengan harga terjangkau, ternyata Pepaya menyimpan manfaat bagi kesehatan. Dibawah ini kami sajikan 5 manfaat mengonsumsi Pepaya. 


1. Meningkatkan Imunitas

Pepaya kaya akan vitamin A dan C, oleh karena itu Pepaya dipercaya mampu meningkatkan tingkat kekebalan tubuh, terutama ketika seseorang menderita demam dan pilek. Segelas jus Pepaya diklaim dapat memenuhi kebutuhan Vitamin C dalam tubuh setiap harinya.


2. Membantu Diet

Pepaya adalah pilihan yang tepat untuk dimasukkan ke dalam daftar menu diet. Pepaya mengandung serat, sehingga membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lama. Selain itu, Pepaya juga bermanfaat melancarkan buang air besar, serta kandungannya yang rendah kalori, membuat Pepaya aman dikonsumsi tanpa harus khawatir dengan berat badan.


3. Kecantikan Wajah

Pepaya memiliki kandungan untuk mencerahkan dan menghilangkan flek hitam, juga jerawat. Enzim papain yang terkandung dalam Pepaya juga mampu mengangkat sel kulit mati yang biasanya menyumbat pori-pori penyebab jerawat. Karena khasiatnya untuk kecantikan, cairan dari buah pepaya kerap dijadikan sebagai kandungan produk kecantikan atau pemutih wajah.


4. Kesehatan Rambut

Selain untuk wajah, ternyata Pepaya berguna menjaga kesehatan rambut. Kandungan asam folatnya meningkatkan sirkulasi ke folikel rambut, sehingga berkhasiat menyuburkan pertumbuhan rambut, mencegah kerontokan, mengatasi ketombe, dan membuat rambut lebih berkilau. Tak heran apabila Pepaya menjadi varian produk sampo atau conditioner.


5. Menjaga Fungsi Penglihatan

Vitamin A yang terdapat dalam Pepaya sangat baik bagi anak-anak yang memiliki masalah penglihatan mereka. Sedangkan bagi orang tua, Pepaya mampu memperlambat perkembangan degenerasi makula.


(Sumber: merdeka.com)