Khasiat Buah Kurma dan Tips Memilihnya

06 Mei 2020

Health

oleh: Fendy Kurniawan (PU-X) 


Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM.

Pohon Kurma yang tumbuh di Indonesia menyimpan kisah cukup unik. Salah satunya adalah kejadian di Surabaya pada tahun 2004 silam, sebuah Pohon Kurma tumbuh di kebun belakang Pondok Pesantren Darussalam Nginden. Konon disebutkan bahwa pohon tersebut tumbuh secara tidak disengaja karena berasal dari biji-biji kurma yang dibuang oleh pengasuh Pondok Pesantren di kebun. 

Selain sejarahnya yang panjang, ternyata Kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, terutama saat menjalankan Ibadah Puasa. Berikut kami sajikan manfaat mengonsumsi Kurma:


1. Sumber Energi

Konsentrasi gula dalam Kurma mencapai 70%, gula alami yang terkandung mampu diserap dengan cepat oleh tubuh, sehingga menghasilkan energi instan. Kurma sangat baik dikonsumsi untuk mengembalikan tenaga setelah seharian menjalankan ibadah puasa.


2. Solusi untuk Pencernaan

Kurma mengandung serat yang berguna membuang racun dalam usus besar sehingga melancarkan pencernaan, serta mencegah risiko sembelit dan diare.


3. Menurunkan Risiko Sakit Jantung

Kurma juga kaya akan kalium yang mengurangi kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Tingginya kadar kolestrol LDL merupakan faktor utama penyebab sakit jantung dan stroke.


4. Menjaga Kesehatan Tulang

Zat selenium, mangan, tembaga, magnesium, dan mineral pada kurma berperan dalam mencegah turunnya kesehatan tulang, seperti tulang rapuh dan keropos.


5. Menangkal Radikal Bebas

Kurma adalah buah tinggi antioksidan yang dapat mengurangi efek radikal bebas pada tubuh. Antioksidan bekerja melindungi sel-sel jaringan tubuh dari stres dan peradangan kronis yang memicu berbagai risiko penyakit.


6. Mencegah Anemia

Kurma ternyata mengandung zat besi yang tinggi, zat besi akan membantu proses pembentukan sel darah merah, meningkatkan energi dan kekuatan, sekaligus mengurangi rasa lelah dan kelesuan.


Ada sejumlah tips dalam memilih Kurma yang baik, diantaranya:


1. Tidak lengket

Usahakan tidak membeli kurma yang lengket dengan kurma lain. Sebab, dikhawatirkan Kurma telah ditambahkan gula cair atau madu untuk menciptakan rasa masis yang berlebih.

2. Tidak berlubang

Lubang yang ditemui pada Kurma biasanya terjadi akibat gigitan kutu. Salah satu penyebabnya adalah proses sortir dan pembungkusan yang tidak baik sehingga kutu masuk kedalam daging Kurma.


3. Tidak keriput

Kulit daging buah keriput menjadi pertanda Kurma terlalu kering karena kandungan gizinya telah berkurang.  


(Sumber Referensi: CNN Indonesia, Redoxon, Wikipedia)