Digital Marketing pada masa Pandemi COVID 19 bagi UMKM

07 April 2020

Business

Sudah lebih dari 3 minggu Indonesia ada di kondisi antisipasi berkembangnya Virus Corona. Semua pekerja dihimbau bekerja dirumah, berdampak pada perilaku bekerja dan juga sebagian perusahaan sudah terkena dampak ekonomi yang ditandai dengan perlambatan pertumbuhan bisnis bahkan mengalami kerugian. 

Bagaimana dengan UMKM ? sama saja ... terkena dampaknya. Namun sebagai pengusaha dipastikan kita harus tetap kreatif dan produktif. Dipercaya pada masa krisis seperti ini, kita sebagai pemilik bisnis harus tetap siaga agar bisa bertahan selama masa pandemi yang diyakini masih akan berlangsung 3 - 4 bulan kedepan (semoga lebih cepat). Selain strategi bertahan, jangan lupa untuk melakukan persiapan untuk menghadapi pasca COVID 19, karena itu yang dinilai paling penting. Kadang pengusaha lupa disaat panik, dia harus selalu siap untuk apa yang dihadapi di masa yang akan datang. Keberhasilan bisnis ditentukan dari rencana yang matang. "If you fail to plan, you plan to fail"...

Pada masa bertahan seperti ini, bukan berarti tidak melakukan apa apa... banyak langkah yang bisa dilakukan terutama terkait dengan strategi online. Ya... tetap stay didalam rumah, gunakan media online untuk tetap menjalani proses marketing bisnis kita.... apa yang bisa dilakukan ? Berikut adalah tips yang saya kutip dari teman sesama pengusaha saya di Komunitas Tangan Di Atas, beliau adalah Daeng Faqih. Materi ini disampaikan saat sesi sharing melalui instagram dan di rangkum dengan baik oleh sahabat saya Ardanita dari Komunitas TDA Tulungagung... 

DIGITAL MARKETING ALA Work From Home

  1. Remote Team Biasanya meetingnya offline mulai hari ini akan dibiasakan dengan meeting atau kerjanya melalui Remote dengan aplikasi pendukung bisa trello dan zoom.
  2. Layanan Delivery Karena layanan delivery ini adalah salah satu value layanan yang paling dibutuhkan pelanggan pada masa saat ini
  3. Personalisasi Pelanggan Kalau dulu kita menganggap pelanggan di digital marketing hanya sebagai follower atau sebatas pengikut saja, mulai saat ini buat konten yang ada personal touch nya (Sentuhan Pelanggan)
  4. Konten Video Dianjurkan membuat video marketing (Vidio Edukasi, Behind The Scene dst.) 5. Influencer Influencer Nano, teman teman kita, atau orang yang berpengaruh pada bisnis kita, follower kecil tidak masalah asal engangement reach nya tinggi.

TIPS DIGITAL MARKETING #DirumahAja

  1. Buatlah Gmaps/ Gbisnis Karena orang orang saat ini akan mencari kebutuhan apa yang ada disekitarnya.
  2. 2. Manfaatin Fitur Instagram untuk Engangement (Live, Stiker, Story, Template) Orang di rumah dan tidak keluar pastinya akan sering membuka Instagram lalu apa yang membuat orang orang itu tertarik dan Kepo kita bisa memanfaatkan fitur Instagram baik menggunakan stiker #DiRumahAja atau story Instagram dan Template (Pertanyaan, Polling, Kuis) semakin banyak interaksi semakin bagus
  3. Facebook Ads untuk By Location Untuk bisnis kuliner beriklan lah dengan target lokasi di sekitar Anda misalkan 3Km dari rumah anda biar yang belanja orang disekitar kita. Bagi teman teman yang tidak menggunakan ads bisa menggunakan facebook organik dengan banget teman teman di sekitar lokasi anda agar tertarget sesuai market. Tapi disarankan menggunakan keduanya.
  4. Buat Vlog Edukasi Di YouTube
  5. Bangun Awareness di Tiktok Engangement tiktok ini sangat tinggi, akan tetapi hanya bisa digunakan untuk membangun brand awareness saja, tidak untuk closing
  6. Bikin grup jual beli di WhatsApp Menyambung Campaign #BeliTDA, rules nya anda gabung disini siap beli dan siap promosi kepada sesama member, ini adalah salah satu solusi di teman teman daerah lain juga, dan sudah ada marketplace di belitda.com, bagi yang member di TDA Pasport sudah bisa uploud produk. Bagi teman teman yang belum tau TDA ..., TDA adalah komunitas pengusaha terbesar di Indonesia saat ini.... silahkan googling saja untuk informasi selanjutnya.