Seminar Akuntansi: Banking Internal Audit “Ways and Scales”

03 Mei 2024

Event

HIMA Akuntansi Podomoro University mengadakan seminar mengenai audit perbankan dengan tema “Banking Internal Audit: Ways and Scales”. Seminar ini diadakan pada hari Jumat, 3 Mei 2024 dan bertempat di Auditorium Podomoro University. Dalam acara ini, Podomoro University berkesempatan untuk mendatangkan Bapak Adrianto Nursalim (Head of Internal Audit), Nico Herman (IT Audit Lead), dan Samuel Sinaga (Internal Auditor) dari tim internal audit Bank DBS. Dalam kesempatan ini, ketiganya berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman mereka selama bekerja dan terutama apa yang mereka lakukan sebagai tim audit internal di Bank DBS. 

Seminar ini diadakan sebagai bentuk usaha mengembangkan pengetahuan mahasiswa mengenai ilmu auditing, terutama dibidang perbankan, sebuah bidang bisnis yang berkutat dengan uang dan memiliki resiko tinggi adanya tindakan kecurangan. Karenanya, tujuan utama dari seminar ini adalah untuk memperkenalkan dan pendalaman informasi mengenai tools baru yang ada dari internal audit. Beberapa tools yang dipaparkan dalam seminar ini dan digunakan oleh tim audit Bank DBS adalah IDEA, Audit Command Language (ACL), Structured Query Language (SQL), Python scripts, R Language, dan tools audit lainnya yang telah dikembangkan atau disesuaikan sendiri. 

Pada seminar kali ini, mahasiswa yang datang tidak hanya dari program studi Akuntansi Podomoro University, namun juga mahasiswa Akuntansi UIN Jakarta. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan anthem Podomoro University. Kemudian dilanjutkan dengan kata pengantar dari Bapak Samuel Anindyo Widhoyoko S.E., M.F.A selaku Kaprodi Akuntansi. Kegiatan seminar berjalan dengan baik dan interaktif, dimana banyak mahasiswa yang secara aktif memberi pertanyaan.